top of page

UNDERGROUND CLUB: TRANSLATOR GIM JADUL

Belakangan ini, selain bermain game saya sedang disibukkan dengan kegiatan yang menyenangkan yang saya temukan di Internet. Translasi gim jadul.


Sebagai seorang pemuda yang tumbuh dewasa belajar Bahasa Inggris melalui video game, saya sempat bertanya-tanya pada diri saya sendiri. Bagaimana orang yang tidak bisa berbahasa Inggris bisa menikmati game yang mereka mainkan? Jawabannya mudah saja, mereka tidak menikmati game tersebut secara penuh!


Saya jadi ingat ketika dahulu dimana saya belum begitu lancar berbahasa Inggris saya selalu membawa kamus kecil ketika bermain game PS2 di rental. Dimana tiap ada quest/misi saya berhenti sejenak dan membuka kamus untuk mengetahui apa yang game ini minta kepada saya. Repot memang, tapi bagaimana lagi?


Sampai akhirnya saya bertemu dengan emulator konsol jadul. Saya memainkan banyak sekali game-game lawas seperti GBA, PS1, N64 dan NDS di HP maupun laptop saya yang cukup kentang. Ketika ingin mendownload game untuk dimainkan, saya menemukan cukup banyak game-game yang dirilis dalam Bahasa Jepang yang diterjemahkan menjadi game berbahasa Inggris. Saya pun penasaran dan mencari keberadaan game-game terjemahan ke dalam Bahasa Indonesia, hasilnya? Banyak!


Ketika melihat daftar game terjemahan ke dalam Bahasa Indonesia disitu saya rasanya menemukan semesta baru dalam dunia video game, meskipun ini sudah berlangsung sejak lama tetapi ini merupakan hal yang baru bagi saya. Memainkan ulang game-game lawas yang sudah saya tamati berkali-kali dalam Bahasa Indonesia membuat saya sadar jika saya melewatkan satu-dua hal point penting dalam cerita.





Disinilah saya mulai kepo dan menjelajahi keberadaan para translator-translator game jadul ini. Saya terkejut menemui beberapa dari mereka sudah merilis terjemahan untuk game-game besar seperti Pi-Man yang sudah menerjemahkan Final Fantasy VII untuk konsol PSX dan juga Beruang Laut yang sudah menerjemahkan game Harvest Moon A Wonderful Life.


Sampai akhirnya saya memutuskan untuk bergabung dengan salah satu penerjemah game jadul yang saya temui di Facebook.





Baslipro, singkatan dari Bas Little Project adalah proyek kecil-kecilan yang kami kerjakan untuk meluangkan waktu luang kami. Kami sudah menerjemahkan cukup banyak game jadul meskipun rata-rata adalah game dari konsol GBA (daftar gamenya bisa kalian temukan di link ini) dan betapa mengejutkannya bagi saya ketika menemukan bahwa tim ini berisikan orang-orang yang lebih muda dari saya!


Sebenernya saya sendiri belum sempat menerjemahkan satupun game (prosesnya bikin pusing) saya sejauh ini hanya membantu mereka membuat website khusus yang berisikan daftar game mereka yang bisa langsung di download dengan sekali klik. Tetapi proyek ini sangatlah menyenangkan, saya bisa menemukan dunia baru yang belum pernah saya temui sebelumnya.

13 views0 comments

Related Posts

See All

Kommentare


bottom of page